Kamis, 11 Oktober 2018

Komputer dasar dan Jaringan dasar

Assalamualaikum wr.wb


Jumpa lagi nih gays dengan saya, kali ini saya akan membahas "Komputer dasar dan Jaringan dasar". Yuk langsung aja kita bahas.




A. Komputer dasar

PENGERTIAN

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin yang memanipulasi informasi atau data. Sedangkan dasar komputer adalah komponen komponen dasar dari sebuah komputer desktop seperti mouse,keyboard,monitor,pc,dll.

FUNGSI

Menurut secara umum fungsi komputer adalah alat yang dipakai untuk mengelola data yang telah dirumuskan untuk mempermudah pekerjaan dan sebagai sarana hiburan.

MANFAAT
  • Sebagai sarana informasi
  • Mempermudah dalam mengerjakan perkerjaan
  • Sebagai hiburan diri
  • Sebagai sarana pendidikan
  • Sebagai sarana komunikasi
  • Sebagai sarana usaha
  • Sebagai sarana kontrol
TUJUAN

Untuk mengolah data dan menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen elemen yang terdiri dari perangkat keras (HardWare), perangkat lunak (SoftWare), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer seperti motherboard,processor,hard disk,pc,monitor,dll. Perangkat lunak adalah program yang berisi perintah perintah untuk melakukan proses tertentu seperti microsoft office,web browser,microsoft excel,dll. Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. 

SEJARAH
Gambar terkait
 Komputer pertama kali ditemukan oleh seorang yang bernama Charles
Babbage, penemuannya ini sangat menghemparkan dunia pasalnya mesin penghitung atau bisa dikenal dengan Difference Engine No.1 akan mengubah sejarah peradaban manusia. Dengan berjalanya waktu perkembangan komputer semakain cepat hingga mencapai generasi generasi unggul.

1. Komputer Generasi kesatu (1946-1959)

Hasil gambar untuk komputer generasi 1
Pada generasi ini komputer banyak sekali tabung hampa dengan ukuran yang sangat besar sehingga memenuhi satu ruangan. Komputer ini dinamai ENIAC (Electronic Namerical Integrator And Computer), ENIAC memakai 18.000 tabung hampa,serta 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasistor dan mengunakan 70.000 resistor, dengan berat kurang lebih 30 ton keseluruhan. Dan hanya bisa menyimpan data sedikit.

2. Komputer Generasi kedua (1959-1964)

Hasil gambar untuk komputer generasi 2

Pada generasi kedua ini penggunaan tabung hampa diganti dengan transistor sehingga lebih menghemat tempat dan juga daya. Sejak generasi ini mulai bermunculan berbagai bahasa pemrograman seperti COBOL,ALGOL,dan FOTRAN. Dari segi ukuran komputer generasi ini lebih kecil hanya berukuran meja kerja dan mampu menyimpan data yang banyak. Komputer ini dinamakan dengan UNIVAV (Universal Automatic Computer).


3. Komputer Generasi ketiga (1964-1970)
Gambar terkait
Seiring dengan perkembangan komputer, keberadaan transistor pada generasi kedua diganti dengan IC (Integreted Circuit). IC sendiri ditemukan oleh insinyur asal texas yang bernama Jack kilby pada tahun 1958.

4. Komputer Generasi keempat (1971-sekarang)





Hasil gambar untuk komputer generasi 4
Pada 1980-an komputer generasi baru ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale Integration). Dimana ini merupakan pemadatan ribuan IC menjadi sebuah Chip. Kemudian LSI terus dikembangkan hingga lahirnya VLSI (Very Large Scale Integration). Processor pertama adalah intel 4004 mulai menjadi otak utama disebuah komputer. Generasi keempat ini merupakan generasi dimana munculnya PC (Personal Computer) dimana para teknisi komputer mengembangkan komputer lebih signifikan lagi mulai dari bentuk ukuran interface dan lainnya untuk mencapai suatu teknologi yang sempurna.

5. Komputer Generasi kelima (masa depan)


Hasil gambar untuk komputer generasi 5
Komputer masa depan saat ini sedang terus dikembangkan dan inilah generasi yang sedang kita lalui. Meskipun belum ada proyek nyata, konsep komputer generasi kelima ini memiliki kecerdasan buatan sehingga komputer akan memiliki nalar seperti manusia dan bisa terus belajar dari lingkungan sekitar.


B. Jaringan Dasar

PENGERTIAN

Jaringan dasar adalah dapat diartikan sebagai satu set entitas (orang,benda,dll). Yang saling berhubungan satu sama lainnya. Jadi jaringan adalah yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunkasi dengan bertukar data.

FUNGSI
  • Keamanan
  • Biaya
  • Kehandalan tinggi
  • Kecepatan
  • Manajemen pemusatan aplikasi
  • Skalabilitas
  • Media komunikasi
  • Akses informasi
  • Berbagai sumber
  • Hiburan interaktif  

MANFAAT
  • Mempermudah dalam mengaskes informasi
  • Sebagai alat komunikasi
  • Sarana pendidikan
  • Menambah wawasan 
  • Lebih efisien
  • Memudahkan pekerjaan
TUJUAN

Membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

MACAM MACAM JARINGAN

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

a. Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari komputer server.

b. Jaringan terdistribusi

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

a. Jaringan LAN

Merupakan jaringan yang mencangkup satu ruangan saja seperti laboratorium,kantor,warnet,rumah,kelas,dll.

b. Jaringan MAN

Merupakan jaringan yang mencangkup satu kota besar beserta daerah setempat. Seperti jaringan telepon lokal,telepon seluler,serta jaringan relay beberapa ISP internet.

c. Jaringan WAN

Merupakan jaringan yang mencangkup seluruh dunia, seperti jaringan PT.Telkom,PT.Indosat,Telkomsel,dll.

KESIMPULAN

Bahwasannya Komputer dan jaringan sangat lah penting untuk kita pelajari gays, karna sekarang ini kebanyakan dunia sudah tidak lagi mengunakan analog melainkan digital.

PENUTUP

Semoga bermanfaat untuk kalian gays, mohon maaf jika ada kata atau tulisan yang kurang cocok. Assalamualaikum wr.wb    









0 komentar:

Posting Komentar