Jumat, 19 Oktober 2018

STRUKTUR FILE SISTEM LINUX

Hasil gambar untuk struktur file sistem linux
Assalamualaikum wr.wb

PENDAHULUAN

Hay kawan ketemu lagi di blog saya, kali ini saya akan membahas tentang Struktur File Sistem Linux, yuk ikuti terus ya..? 



PENGERTIAN

STRUKTUR DIRECTORY PADA OS LINUX

Struktur Direktori Linux, menggunakan struktur direktori seperti pohon terbalik, yang dimulai dari 1 inti, kemudian memiliki cabang, ranting dan daun.
Hasil gambar untuk struktur file sistem linux
  • Sistem Drive Pada Sistem Operasi Linux berbeda dengan Sistem Operasi Windows, dimana Sistem Operasi Linux tidak mengenal sistem drive letter (C-Z).
  • Linux hanya mengenal satu direktori utama atau direktori induk yaitu root (/) sehingga secara tidak langsung sistem direktori dan penulisan path direktori juga ikut berbeda dengan Sistem Operasi Berbasis Windows.

DIRECTORY DAN FUNGSINYA PADA OS LINUX

DIRECTORY
KETERANGAN
/root Merupakan “home” folder untuk user root. Hak akses root merupakan super administrator yang dapat melakukan apa saja termasuk menghapus filesytem.
/bin Merupakan tempat berkumpulnya aplikasi dan perintah biner standar Linux, seperti ls, cp, bash dan lain sebagainya.
/etc Seluruh file-file administratif dan konfigurasi system diletakan disini. Misalnya saja Anda ingin mengutak-atik system konfigurasi dari firefox, nah Anda dapat menemukan file konfigurasi firefox di direktori ini (/etc/firefox )
/dev Berisi file-file yang mengontrol interaksi software dengan hardware seperti printer misalnya.
/boot Direktori boot tesimpan file-file boot loader diantaranya GRUB (Grand Unified Bootloader) atau lilo (LInux Loader).
/sys Berisi informasi yang berkaitan dengan kernel, device dan firmware. Untuk memudahkan mengingat, direktori ini dianggap kependekan dari 'system'.
/sbin Berisi file-file biner yang esensinya untuk sistem dan mengendalikan sistem.
/bin Berisi file-file binari atau aplikasi yang lebih umum dan dapat digunakan oleh semua user.
/lib Berisi file-file library atau pustaka dari semua aplikasi binari yang tersimpan dalam direktori /sbin dan /bin.
/dev directory yang isinya sebenarnya bukan benar-benar berisi file (pseudo system).
/etc Direktori /etc berisi file-file konfigurasi sistem.
/home Directori user.
/tmp Folder untuk menyimpan file-file yang bersifat sementara (temporary file), file-file sampah, atau file-file yang hanya di gunakan sekali duakali oleh program.
/usr Berisi aplikasi-aplikasi extra (tambahan) yang tidak ditemukan pada /bin maupun /etc seperti games, printer utilities dan lain sebagainya.
/usr/local lokasi sebagian besar aplikasi yang diinstall secara manual.
/usr/share Merupakan tempat didalam /usr yang digunakan untuk menyimpan data-data yang bisa dibagikan dan tidak terikat dengan platform.
/usr/doc Merupakan tempat untuk menyimpan dokumentasi dan catatan yang berkaitan dengan aplikasi.
/usr/src Merupakan tempat untuk menyimpan source code dari aplikasi sistem.
/usr/X11R6 Menyimpan sistem X-Window dan hal-hal yang berkaitan dengan X-Window.
/media Merupakan direktori untuk menyimpan direktori-direktori mount point. CD-ROM, DVD, flash disk, bahkan floppy disk juga akan termount di direktori ini.
/mnt /mnt bisa juga dijadikan mount point pada saat system rescue atau troubleshooting. Untuk memudahkan mengingat, direktori ini dianggap kependekan dari 'mount'.
/opt Direktori /opt saat ini jarang digunakan. Beberapa paket software terpisah menggunakan direktori ini untuk menyimpan paket yang tidak menuju ke lokasi manapun.
/lost+found Di direktori ini linux menyimpan file-file yang berhasil di recover saat sistem crash.
/proc Isi dari /proc ini adalah infomasi dari sistem,

REFERENSI

Ebook pengenalan sistem operasi linux

PENUTUP

Gimana kawan semoga bermanfaat untuk kalian ya..?, mohon maaf jika ada kata atau tulisan yang kurang enak ataupun kurang. Assalamualaikum wr.wb
  


0 komentar:

Posting Komentar