Kamis, 18 Oktober 2018

PERBANDINGAN WINDOWS DAN LINUX

Gambar terkait 


Assalamualaikum wr.wb
PENDAHULUAN  

Gimana kabarnya kawan pasti sehatkan, nah kali ini saya akan mambahas Perbandingan Windows dan Linux, yuk langsung aja. 

PENGERTIAN 

Open Source dalam bahasa Indonesia berarti Kode Terbuka. Kode yang dimaksud disini adalah Kode Program. Kode Program yang dimaksud adalah perintah – perintah yang diketikkan berdasarkan logika yang benar.

  • Open Source Software (OSS) merupakan istilah yang digunakan untuk software komputer yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut.
  • Tiap orang dapat melihat, mengubah, atau memodifikasi kodenya, dan mendistribusikannya lagi.
Berbeda dengan software komersial yang dikembangkan vendor tertentu dan untuk menggunakannya kita harus membayar lisensinya. Salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensinya.

PERBANDINGAN WINDOWS DAN LINUX DARI BERBAGAI SISI

1. KEAMANAN DAN VIRUS
WINDOWS
LINUX
lebih rentan terkena virus. Virus pada Windows
mudah dengan cepat berkembang, karena sifat komersialnya (tertutup) dan Windows juga rentan terkena serangan hacker.
Tahan akan serangan virus, tetapi bukan berarti Linux bebas dari virus, tapi virus itu tidak bisa berkembang seperti halnya virus pada Windows.

2. SPYWARE
WINDOWS
LINUX
Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia Windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan sebuah data ke suatu server.
Tidak banyak program spyware yang menginfeksi Linux mengingat cara kerja Linux yang lebih susah untuk ditembus. PCLinux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi sistem Anda dan bisa diaktifkan melalui PCLinux Control Panel.

MENGAPA ANDA TIDAK PERLU MENGINSTALL ANTIVIRUS PADA LINUX

1. Sangat sedikit dijumpai malware pada Linux Karena di Linux di kenal dengan sistem permisi, jika status kita hanya sebagai user maka tidak bisa melakukan apa – apa pada file administrator. Hal ini tidak berlaku di windows, seorang user saja bisa menambah dan mengurangi program. Jadi Linux sangat aman terhadap serangan virus.

2. Bila Anda ingin menginstal sebuah program baru pada Windows, Anda tinggal buka Google dan mencari programnya. Bila Anda ingin menginstal program di Linux, Anda membuka paket manajer dan men-download dari repositori perangkat lunak distribusi Linux Anda . Repositori ini berisi perangkat lunak yang terpercaya yang telah diperiksa oleh distribusi Linux Anda pengguna tidak tidak bisa men-download dan menjalankan perangkat lunak sewenang-wenang.

3. INSTALASI DAN KELENGKAPAN PROGRAM
WINDOWS
LINUX
Windows tidak menyediakan banyak program setelah di instal. Kalau pun ada ada mungkin anda hanya akan menemukan internet explorer, media player, notepad, dan beberapa program kecil lainnya. Sekalipun linux juga suatu system operasi, tetapi linux didistribusikan dengan setelah instal, anda akan menemui banyak aplikasi. Sebut saja kategori officesuite, multimedia, internet, 3D dan games.

4. SISTEM FILE


WINDOWS
LINUX
1. Menggunakan FAT dan NTFS. ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs.
2. Tidak membedakan penggunaan nama file dengan huruf besar dan huruf kecil (case insensitive). Membedakan penggunaan huruf besar dan kecil dalam berbagai aspek penggunaan sistem operasi.
3. Menggunakan istilah drive untuk device dan partisi. Tidak menggunakan istilah drive untuk device dan partisi, Yang digunakan adalah direktori biasa.
4. MyComputer sebagai root. Linux mengenal direktori root (disimbolkan dengan /).
5. Windows juga tidak bisa membaca file sistem Linux. Linux dapat membaca dan menulis ke FAT32, dan dapat membaca dan menulis NTFS.
6. Ekstensi nama file di Windows memiliki peranan penting. Ekstensi nama file tidak memiliki peranan penting.


5. DUKUNGAN HARDWARE

WINDOWS
LINUX
hardware yang ada sudah menyertakan drivernya.
Pembuat hardware tidak menyediakan drivernya. driver versi linux. Tetapi belakangan ini sudah banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver linux.

6. SISTEM DISTRIBUSI

WINDOWS
LINUX
hanya mengenal satu distribusi yaitu Microsoft.
Mengenal banyak distribusi yang merupakan kumpulan kernel Linux, pustaka – pustaka
Microsoft sistem, dan software – software yang dibungkus dengan prosedur tertentu. Yang membedakan antar distribusi bisa saja pada semua bagian tersebut (kernel yang berbeda versi dan pengaturan, software dan pustaka
yang berbeda), termasuk prosedur pemaketannya.

7. TAMPILAN GUI (Graphical User Interface)

WINDOWS
LINUX
Lebih kaya variasi.
sedikit monoton.


REFERENSI

Ebook pengenalan sistem operasi linux

PENUTUP

Gimana kawan semoga bermanfaat buat kalian ya? Mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan. Assalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar