Senin, 22 Oktober 2018

MACAM LINGKUNGAN DESKTOP LINUX DAN KARNEL

Assalamualaikum wr.wb

PENDAHULUAN

Hay...hay..? jumpa lagi di blog saya gays, gimana kabarnya pasti sehatkan, nah gays kali ini saya akan membahas tentang Macam Lingkungan Desktop Linux dan Karnel, udah tau belum apa itu gays jika belum yuk simak.


PENGERTIAN 

Pada komputer, sebuah lingkungan desktop umumnya merujuk ke gaya grafis antarmuka pengguna (GUI=Graphical User Interface) yang mememperlihatkan kiasan dekstop di layar komputer modern. Lingkungan desktop adalah alternatif yang paling populer sebagai pengganti antarmuka baris perintah CLI (command line interface) yang saat ini umumnya digunakan terbatas oleh para pakar komputer. Sebuah lingkungan desktop biasanya terdiri dari ikon, sistem jendela (window), bilah alat (toolbar), map (folder), latar belakang (wallpaper), dan gawit layartama (desktop widgets). Sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X masing-masing mempunyai lingkungan desktop tersendiri. UNIX/Linux juga mempunyai pelbagai lingkungan desktop, diantaranya yang terpopuler adalah GNOME dan KDE.


LINGKUNGAN DESKTOP DI LINUX 
Saat ini ada 8 Jenis Lingkungan Desktop (Desktop Environment) yang populer digunakan pada OS Linux, yaitu :
  1. Unity
Hasil gambar untuk unity desktop linux
Unity adalah adalah lingkungan desktop default dari Distro Ubuntu

2. KDE (K Desktop Environment)
Hasil gambar untuk KDE desktop linux
Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. Penggunaan KDE untuk Desktop Environment perlu spesifikasi komputer yang tinggi agar didapatkan efek grafis yang maksimal.

3. GNOME (GNU Network Object Model Environment)
 Gambar terkait
GNOME lebih sederhana dibandingkan dengan KDE namun lebih ringan untuk digunakan pada komputer spesikasi rendah. Saat ini GNOME merupakan lingkungan Desktop yang paling banyak digunakan oleh pengguna Linux.

4. XFCE
 Hasil gambar untuk XFCE desktop linux
XFCE merupakan perangkat lunak bebas desktop untuk Unix dan platform mirip Unix lainnya, seperti Linux, Solaris dan BSD. Tujuannya: cepat, ringan, menarik secara visual dan mudah digunakan. Konfigurasi sepenuhnya digerakkan melalui mouse, dan file-file konfigurasi disembunyikan dari pengguna biasa.

5. LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment)
Hasil gambar untuk LXDE desktop linux
  • LXDE adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat.
  • LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untuk menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah.
  • LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi.
6. Cinnamon
Hasil gambar untuk cinnamon desktop linux
  • Desktop Cinnamon merupakan default atau standard desktop yang ada pada Distro Linux mint yang dikembangkan dari Desktop GNOME 3.
  • Karena didasarkan pada GNOME, Cinnamon banyak menggunakan utilitas yang ada pada GNOME namun juga mencakup beberapa alat konfigurasi yang dibuat sendiri oleh pengembang Linux Mint.
  • Desktop ini menawarkan efek grafis yang bagus dan menu aplikasi dan ringan untuk digunakan, sehingga pada tahun 2013 meraih penghargaan sebagai peringkat #1 untuk Lingkungan Desktop yang ada OS Linux.
7. MATE
Hasil gambar untuk MATE desktop linux
  • MATE adalah lingkungan desktop yang digunakan di Fedora 16 menggantikan Gnome 3.
  • Desktop MATE ditujukan bagi pengguna yang menginginkan lingkungan desktop yang stabil dan produktif.
KERNEL


Apa itu Kernel dan apa Fungsinya
Kernel adalah bagian dari sebuah Software yang menyediakan sebuah lapisan antara Hardware dengan Software yang sedang aktif atau lebih tepatnya jembatan antara Software dan Hardware Secara umum Kernel adalah inti dari sebuah OS yang berfungsi menghubungkan hardware dan aplikasi yang kemudian disebut sebagai software. Kernel berisi informasi hardware atau sebagai driver bagi alat yang bersangkutan.

REFERENSI

Ebook pengenalan sistem operasi linux

PENUTUP

Semoga bermanfaat gays, sekian dan terimakasih mohon maaf jika ada kata ataupun tulisan yang salah atau kurang maupun kurang enak. Assalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar