Rabu, 17 Oktober 2018

PENGENALAN SISTEM OPERASI LINUX

Hasil gambar untuk pengenalan sistem operasi linux 



Assalamualaikum wr.wb


PENDAHULUAN

Hay semua? ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan membahas Pengenalan Sistem Operasi Linux, oke simak terus ya..?


PENGERTIAN

Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia. Linux disebarkan secara luas dengan bebas di bawah lisensi GNU (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) General Public License (GPL) atau lisensi publik umum yang pertama kali oleh Richard Matius Stallman merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF) pada pertengahan Tahun 1980 yang berawal dari keresahan pembatasan hak (lisensi) penggunaan sebuah perangkat lunak. Penamaan GNU (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) itu dipilih karena rancangannya mirip Unix, tetapi berbeda dari UNIX, GNU tidak mengandung kode-kode UNIX.

Dalam proyek GNU ini digunakan dua bentuk lisensi yang bertujuan untuk melindungi kebebasan secara legal, yakni :
1. Copyleft : siapapun yang mendistribusikan ulang program dengan atau tanpa perubahan harus memberikan kebebasan juga untuk didistribusikan lagi atau dirubah. Copyleft menjamin setiap pengguna memiliki kebebasan.
2. Non-Copyleft : siapapun yang mendistribusikan atau mengubah harus mendapat ijin dari pembuat program.

FILOSOFI OPEN SOURCE
Ide dasar dari open source adalah sangat sederhana: Bilamana programer dapat membaca, mendistribusikan, dan memodifikasi kode sumber (listing) untuk sebuah software, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Orang memperbaikinya, orang beradaptasi, orang memperbaiki bug. Dan ini akan menyebabkan terjadi pada percepatan pengembangan perangkat lunak, jika salah satu digunakan untuk memperlambat pengembangan perangkat lunak konvensional, tampaknya tidak masuk akal. Kami dalam komunitas open source telah belajar bahwa proses evolusi ini akan cepat menghasilkan software yang lebih baik daripada model tertutup tradisional.

Free sofware adalah sebuah bentuk kebebasan, mengacu ke pengguna untuk memakai, mengkopi, mendistribusikan, mempelajari, merubah maupun meningkatkan software tersebut.
Secara detail arti kebebasan itu dijabarkan dalam 4 hal, yakni:
1. bebas menjalankan program (freedom 0)
2. bebas mempelajari program dan mengadaptasi sesuai dengan kebutuhan (freedom 1)
3. bebas mendistribusikan ulang (freedom 2)
4. bebas meningkatkan program dan mempublikasikannya (freedom 3)

Linux memiliki banyak Varian atau yang biasa dikenal dengan Distro (Distribusi Sistem Operasi), hal ini disebabkan oleh konsep pengembangan Open Source dan lisensi yang digunakan GNU/GPL.
1. Debian
2. Redhat
3. Slackware
Dari ketiga Distro Linux diatas, kemudian linux berkembang menjadi banyak turunan, banyak ragam, yang dikembangkan oleh banyak orang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan selera orang-orang disemua negara. Seperti Indonesia, Indonesia sudah konsisten untuk mengembangkan Distro Linux dengan nama Blankon, IGOS Nusantara, Garuda, Kuliax dan masih banyak lagi yang telah terdaftar maupun tidak terdaftar.
  
LATAR BELAKANG LOGO LINUX
Saat itu Linus sedang berjalan jalan bersama Andrew Tridgell di sebuah taman. Tiba tiba Linus dipatok pinguin, dan semenjak itu dia mengalami demam selama berhari hari. Dia pikir, karakter ini cocok untuk mewakili Linux. Dia ingin pemakainya menjadi demam alias tergila-gila untuk menggunakan dan mengotak atik Linux. Visualisasi logonya dikompetisikan kepada umum lewat diskusi pada mailing list Linux Kernel. Pencetusnya adalah Alan Cox, dan logo terpilih diberi nama Tux, dibuat oleh Larry Ewing.
 
REFERENSI
Ebook pengenalan sistem operasi linux

PENUTUP
Terimakasih semua? semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan. Assalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar