Selasa, 06 November 2018

Ubuntu

Gambar terkait 
Assalamualaikum wr.wb
 
PENDAHULUAN

Hay...hay..? ketemu lagi, lagi, dan lagi dengan saya, kali ini saya akan membahas tentang Ubuntu, sebelumnya udah pada tau belum apa itu Ubuntu, jika belum simak dibawah ini ya?

PENGERTIAN

Apa itu Ubuntu? Ubuntu merupakan salah satu jenis distribusi Linux populer yang dikembangkan pada tahun 2004 oleh Mark Shuttleworth, pengusaha sukses asal Afrika Selatan bersama perusahaannya Canonical. Mark Shuttleworth menyadari akan potensi Linux. Beliau menginginkan adanya sistem operasi yang mudah digunakan, gratis, dan mampu bersaing dengan sistem operasi lainnya. Dengan menggunakan distribusi yang terlebih dahulu ada yaitu Debian, Ubuntu dikembangkan.

A. Sistem nomor rilis dan penamaan Ubuntu

Pada setiap rilisnya Ubuntu selalu disertai dengan nomor rilis dan nama rilis. Nomor rilis Ubuntu mengikuti bulan dan tahun rilis yang bersangkutan. Sebagai contoh nomor Ubuntu yang pertama kali dirilis adalah Ubuntu 4.10 karena Ubuntu ini dirilis pada bulan Oktober 2004. Untuk penamaan rilis, diambil dari nama hewan tertentu. Pada rilis Ubuntu 4.10 nama rilisnya adalah Warty Warthog. Dan Ubuntu 14.10 (versi terakhir saat buku ini ditulis) diberi nama Vivid Vervet.

B. Jadwal rilis baru Ubuntu

Ubuntu memiliki jadwal rilis setiap enam bulan sekali. Setiap rilis dilakukan pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Setiap dua tahun sekali, Ubuntu memberikan rilis spesial dengan tambahan nama LTS (Long Term Support). Ubuntu LTS memiliki dukungan yang lebih lama dibanding rilis biasa. Dukungan yang diberikan berupa perbaikan-perbaikan yang terus dilakukan guna memastikan keamanan pengguna dalam menggunakan Ubuntu. Dibuku ini kita akan menggunakan Ubuntu 14.04 Trusty Tahr LTS . Mengapa penulis memilih versi 14.04 LTS? Hal ini dikarenakan dukungan yang lebih lama (hingga tahun 2019) yang diberikan oleh Ubuntu 14.04 LTS akan memudahkan pembaca dalam menggunakan Ubuntu karena sekali memasang Ubuntu 14.04, pembaca tidak perlu melakukan pemasangan sistem operasi ulang dalam jangka waktu lima tahun ini (sampai tahun 2019). Bab selanjutnya akan membahas cara memperoleh dan memasang Ubuntu.

REFERENSI

ubuntu-untuk-semua

PENUTUP

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat buat kalian, mohon maaf jika ada kata atau tulisan yang kurang maupun salah.

Assalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar