Kamis, 08 November 2018

Mengatasi Masalah apt-get update failed to fetch hash sum mismatch



Assalamualaikum wr.wb

PENDAHULUAN

Hay...hay..? ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan memberi tahu bagaimana cara mengatasi masalah apt-get update failed to fetch hash sum mismatch di terminal linux, sebelumnya udah tau belum, jika belum semak di bawah ini.

PENGERTIAN

Shell adalah program (penterjemah perintah)yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini Kernel (inti dari sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user dapat mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi file program (eksternal command), selain itu memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program. Salah satu perintah dari shell yaitu apt-get update, namun terkadang mengalami error saat menjalankan perintah tersebut.

LATAR BELAKANG

Beberapa hari kemarin saya pernah mengalami masalah yang sama saat memasukkan perintah "apt-get update" di shell linux.

TUJUAN

Membantu orang-orang yang mengalami seperti saya.

ALAT DAN BAHAN

Hanya Pc / laptop

WAKTU PELAKSANAAN

Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 menit.

LANGKAH

1. Buka terminal/shell linux kemudian masuk sebagai root.
2. Ketik perintah berikut untuk menghapus beberapa file yang merusak proses update, ( rm -vf /var/lib/apt/lists/* )
3. Coba ketik perintah ‘apt-get update’ lagi dan errornya sudah hilang.

KESIMPULAN

Masalah tersebut disebabkan karena ada beberapa file yang merusak file repo yang tersimpan dilinux, makanya untuk mengatasinya caranya yaitu mengahapus file tersebut dengan perintah yang telah diberikan di post ini.

PENUTUP

Sekian dan terimakasih dari saya semoga bermanfaat buat kalian semua, mohon maaaf jika ada kata atau tulisan yang kurang.

Assalamualaikum wr.wb



0 komentar:

Posting Komentar